Minggu, 30 Juni 2013

CARA MEMBUAT RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Hallo sahabat semua lama tak jumpa nih,, sekarang aku mau share tentang bagaimana sih cara membuat RPP khususnya bagi para guru, terutama guru baru... 

Hal-hal yg perlu diperhatikan dalam membuat RPP adalah:
  1. Identifikasi peserta didik (latar belakang ekonomi, psikologi, suku, kecerdasan)
  2. Identifikasi lingkungan belajar
  3. Identifikasi bahan ajar
3 hal di atas dilakukan agar RPP yang kita buat dpt diaplikasikan dlm pembelajaran dgn baik dan tentunya demi tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal.

adapun komponen2 RPP yg harus diketahui adalah:
  1. Identitas mata pelajaran atau mata pelajaran apa
  2. SK (Standar Kompetensi)
  3. KD (Kompetensi Dasar)
  4. Tujuan pembelajaran
  5. Materi ajar
  6. Metode pembelajaran
  7. Kegiatan pembelajaran: Kegiatan awal, inti dan kegiatan akhir/penutup
  8. Sumber belajar
  9. penilaian: lisan dan  tuliisan
berikut contoh RPP dari saya:

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                 :MTs.............................
Mata Pelajaran               : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester              : VIII / 1
Alokasi Waktu                : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)


A.    Standar Kompetensi
         6. Menghindari Akhlak Tercela Kepada Allah

B.     Kompetensi Dasar
         6.1 Menjelaskan Sifat Riya’ Dan Nifaq

C.    Tujuan Pembelajaran:
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian riya’
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian nifaq

D.    Materi Pembelajaran
§  Akhlak tercela kepada Allah (riya’dan nifaq)

E.     Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Tanya jawab tentang beriman kepada hari akhir yang siswa ketahui
§  Diskusi


F.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu

1

Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar aklak tercela kepada Allah (riya’ dan nifaq)

Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak tercela kepada Allah (riya’ dan nifaq)

10  menit

2

Kegiatan inti :
§  Siswa membaca literatur tentang akhlak tercela kepada Allah (riya’ dan nifaq)  
§  Bertanya jawab tentang aklak tercela riya’ dan nifaq
§  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran

60 Menit

3

Kegiatan akhir :
§  Guru menanyakan kembali tentang riya’ dan nifaq untuk mengetahui kemampuan siswa (evaluasi)
§  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan


10 menit

G.    Sumber belajar dan media pembelajaran :
  1. Buku paket
  2. Referensi lain

H.    Penilaian
1.      Tes lisan
2.      Tes tulisan


Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Mata Pelajaran




..........................................
NIP.



 Mudah-mudahan bermanfaat yaaa...
By Sulis Tarbiyah *_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar